About

Senin, 04 Februari 2013

cooperative learning tipe TAI (Team Assisted Individualization)


Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)

Pembelajaran tipe kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini dikembangkan oleh Slavin. Tipe ini mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan pembelajaran individual. Tipe ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar siswa secara individual. Oleh karena itu, kegiatan pembelajarannya lebih banyak digunakan untuk pemecahan masalah.
Ciri  khas pada tipe TAI ini adalah setiap siswa secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh guru. Hasil belajar individual dibawa ke kelompok-kelompok untuk didiskusikan dan saling dibahas oleh anggota kelompok dan semua anggota kelompok bertanggung jawab atas keseluruhan jawaban.
Langkah-langkah pembelajaran kooperatif tipe TAI sebagai berikut:
1.      Guru memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi pembelajaaran secara individual yang sudah dipersiapkanoleh guru.
2.      Guru memberikan kuis secara individual kepada siswa untuk mendapatkan skor awal.
3.      Guru membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Jika mungkin anggota kelompo berasal dari ras, budaya, suku yang berbeda.
4.      Hasil belajar siswa secara individual didiskusikan dalam kelompok. Dalam diskusi kelompok, setiap anggota kelompok saling memeriksa jawaban teman satu kelompok.
5.      Guru menfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari.
6.      Guru memberikan kuis kepada siswa secara individual.
7.      Guru memberi penghargaan kepada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya.

0 komentar:

Posting Komentar