Model
Pembelajaran Kooperatif tipe Numbered Head Together
Numbered Head Together (NHT) merupakan suatu pendekatan yang
dikembangkan oleh Kagen (1993) untuk melibatkan banyak siswa dalam memperoleh
materi yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek pemahaman mereka
terhadap isi pelajaran (Ibrahim at all, 2000:28). Struktur yang dikembangkan
oleh Kagen ini menghendaki siswa belajar saling membantu dalam kelompok kecil
dan lebih dicirikan oleh penghargaan kooperatif dari pada penghargaan
individual. Ada struktur yang memiliki tujuan umum untuk meningkatkan
penguasaan isi akademik dan ada pula struktur yang tujuannnya untuk mengajarkan
keterampilan sosial (Ibrahim at all, 2000:25).
Numbered Head Together dikembangkan oleh Spencer Kagen dengan melibatkan para
siswa dalam mereview bahan yang tercakup dalam suatu pelajaran dan mengecek
atau memeriksa pemahaman mereka mengenai isi pelajaran tersebut. Sebagai
pengganti pertanyaan langsung kepada seluruh kelas, guru menggunakan struktur
empat langkah sebagai berikut:
Langkah 1, penomoran (numbering): guru
membagi para siswa menjadi beberapa kelompok atau tim yang beranggotakan 3
hingga 5 orang dan memberi mereka nomor, sehingga tiap siswa dalam tim tersebut
memiliki nomor yang berbeda,
Langkah 2, pengajuan pertanyaan: guru mengajukan
suatu pertanyaan kepada siswa. Pertanyaan dapat bervariasi dari yang bersifat
spesifik hingga yang bersifat umum,
Langkah 3, berpikir bersama (Head Together):
para siswa berpikir bersama untuk menggambarkan dan meyakinkan bahwa tiap orang
mengetahui jawaban tersebut,
Langkah 4, pemberian jawaban: guru menyebutkan
suatu nomor dan para siswa dari tiap kelompok dengan nomor yang sama mengangkat
tangan dan menyiapkan jawaban untuk seluruh kelas (Ibrahim et all, 2000: 28).
0 komentar:
Posting Komentar