Model Pembelajaran
Kooperatif Tipe Team Assisted Individualization (TAI)
Pembelajaran
tipe kooperatif tipe Team Assisted Individualization (TAI) ini dikembangkan
oleh Slavin. Tipe ini mengkombinasikan keunggulan pembelajaran kooperatif dan
pembelajaran individual. Tipe ini dirancang untuk mengatasi kesulitan belajar
siswa secara individual. Oleh karena itu, kegiatan pembelajarannya lebih banyak
digunakan untuk pemecahan masalah.
Ciri khas pada tipe TAI ini adalah setiap siswa
secara individual belajar materi pembelajaran yang sudah dipersiapkan oleh
guru. Hasil belajar individual dibawa ke kelompok-kelompok untuk didiskusikan
dan saling dibahas oleh anggota kelompok dan semua anggota kelompok bertanggung
jawab atas keseluruhan jawaban.
Langkah-langkah
pembelajaran kooperatif tipe TAI sebagai berikut:
1. Guru
memberikan tugas kepada siswa untuk mempelajari materi pembelajaaran secara
individual yang sudah dipersiapkanoleh guru.
2. Guru
memberikan kuis secara individual kepada siswa untuk mendapatkan skor awal.
3. Guru
membentuk beberapa kelompok. Setiap kelompok terdiri dari 4-5 siswa dengan
tingkat kemampuan yang berbeda-beda. Jika mungkin anggota kelompo berasal dari
ras, budaya, suku yang berbeda.
4. Hasil
belajar siswa secara individual didiskusikan dalam kelompok. Dalam diskusi
kelompok, setiap anggota kelompok saling memeriksa jawaban teman satu kelompok.
5. Guru
menfasilitasi siswa dalam membuat rangkuman, mengarahkan, dan memberikan
penegasan pada materi pembelajaran yang telah dipelajari.
6. Guru
memberikan kuis kepada siswa secara individual.
7. Guru
memberi penghargaan kepada kelompok berdasarkan perolehan nilai peningkatan
hasil belajar individual dari skor dasar ke skor kuis berikutnya.
0 komentar:
Posting Komentar